INSTITUTIONAL REPOSITORY

Penelusuran IR
Telusuri data di dalam IR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update IR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IR dalam seminggu terakhir.
FAQ
Lihat berbagai macam pertanyaan terkait IR yang sering diajukan kepada kami.
Traffic Pengunjung IR

Lihat traffic IR kami. Dari mana mereka datang, device apa yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses/cari, dll.

PELAYANAN KREDIT CEPAT DAN AMAN (KCA) PADA PT. PEGADAIAN UNIT PELAYANAN CABANG (UPC) NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI

ANGELIA AMUN ANDRIANA, NIM : 170100271712 (2021) PELAYANAN KREDIT CEPAT DAN AMAN (KCA) PADA PT. PEGADAIAN UNIT PELAYANAN CABANG (UPC) NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI. Skripsi, Universitas Kapuas.

[img] Text
Skripsi Angelia Amun Andriana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)

Abstract

Andriana A.A, 2021.Pelayanan Kredit Cepat dan Aman pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Skripsi Jurusan Ilmu Administrasi, Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Kapuas Sintang. Kata Kunci : Pelayanan, Kredit Kredit Cepat Aman (KCA) adalah kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. PT. Pegadaian Unit Pelayanan Cabang (UPC) Nanga Pinoh berdiri pada tanggal 4 Mei 2006, telah memiliki jumlah Pegawai sebanyak 11 orang. Perkembangan Jumlah Nasabah yaitu tahun 2018 berjumlah 6.135, pada tahun 2019 bertambah 649 (9,55%) sehingga menjadi 6.784. Sedangkan tahun 2020 bertambah signifikan sebanyak 1.032 (13,2%) sehingga menjadi 7.819 nasabah. Permasalahan yang dihadapi PT. Pegadaian UPC Nanga Pinoh diantaranya disebabkan kurang lancarnya angsuran nasabah dimasa pandemi dan kurangnya penegakkan sanksi sehingga beberapa nasabah menjadi kurang disiplin dalam mengangsur kredit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Pelayanan Kredit Cepat dan Aman pada PT. Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Ruang lingkup penelitian ini yaitu (1). Prosedur Penyaluran Kredit Cepat dan Aman; (2). Prosedur Pengembalian Kredit Cepat dan Aman; 3). Kualitas Pelayanan Kredit Cepat dan Aman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Subjek penelitian yaitu (1). Pengelola Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Nanga Pinoh; (2). Karyawan; (3). Nasabah sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data yaitu (1). Wawancara; (2). Observasi; (3). Studi dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan prosedur penyaluran kredit terdiri dari melengapi persyaratan administrasi dan tahapan pengajuan kredit yaitu nasabah membawa Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga atau Passport serta membawa barang gadaian. Proses pengembalian KCA yaitu a). Nasabah mendatangi kantor pegadaian membawa Surat Bukti Gadai beserta KTP atau tanda pengenal lainnya; b). Nasabah memberikan Surat Gadai kepada kasir guna mengetahui jumlah tebusan pembayaran; c). Setelah dilakukan pelunasan, penaksir mengambil barang gadaian dan diserahkan kepada nasabah. Kualitas pelayanan sudah cukup baik tetapi masih diperlukan penambahan 1 orang karyawan. Fasilitas pelayanan yang diberikan yaitu fasilitas ulang gadai, fasilitas gadai ulang cicil, fasilitas gadai ulang tambah, fasilitas gadai ulang otomatis. Disarankan agar pelaksanaan prosedur penyaluran dan pengembalian KCA dapat ditingkatkan menjadi lebih baik. Selain itu diperlukan penambahan 1 orang karyawan agar bagian pengelola agunan tidak di rangkap oleh pimpinan.

Item Type: Skripsi
Additional Information: Imam Asrori, S.Hut., M.M. selaku pembimbing pertama Drs. Felix Semaun, M.AP selaku pembimbing kedua
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Kredit
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Universitas Sintang
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:36
Last Modified: 21 Nov 2023 04:58
URI: http://repository.unka.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item