INSTITUTIONAL REPOSITORY

Penelusuran IR
Telusuri data di dalam IR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update IR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IR dalam seminggu terakhir.
FAQ
Lihat berbagai macam pertanyaan terkait IR yang sering diajukan kepada kami.
Traffic Pengunjung IR

Lihat traffic IR kami. Dari mana mereka datang, device apa yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses/cari, dll.

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGAI TEBELIAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

YUNIARTI, H.K, YUNIARTI, H.K (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGAI TEBELIAN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi, Universitas Kapuas.

[img] Text
SKRIPSI NIA OKE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Yuniarti H.K. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2017/2018. Pembimbing I: Hilda Aqua Kusuma Wardhani, S.Si, M.Si, Pembimbing II: Chris Octavianus, S.Farm., Apt. Metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan antusias siswa untuk belajar aktif yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Model pembelajaran ini memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping itu juga menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar diantara siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kaktif tipe team quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian adalah Pre-Experimental Design. Rancangan penelitian yaitu One Group Design. Penulis menerapkan metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz di kelas VIII. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrumen pengukuran adalah soal tes (pilihan ganda) dan lembar observasi. Setelah dilakukan metode pembelajaran Aktif tipe Team Quiz maka keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dikategorikan sangat baik (100%) sedangkan pengamatan terhadap aktivitas siswa yang ditinjau dari siswa dikategorikan sangat baik (100%). Dan hasil uji normalitas data menggunakan Chi kuadarat, pretest X2 hitung < X2 tabel yaitu 5,57 < 9,488 dan posttest X2 hitung < X2 tabel yaitu 0,87 < 9,488 maka data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menggunakan uji F, pretest F hitung < F tabel yaitu 2,07 < 2,22, dan posttest F hitung < F tabel yaitu atau 2,07 < 2,22, maka data homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji T diketahui thitung > ttabel, yaitu 3,01 > 1,688, maka terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode pembelajaran aktif tipe Team Quiz terhadap hasil belajar siswa maka dilakukan uji effect size dan diperoleh hasil ES<0,8 yaitu 0,34 < 0,8 sehingga dikategorikan sedang. Kata Kunci : Metode Pembelajaran aktif tipe Team Quiz, Aktivitas dan Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia

Item Type: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran aktif tipe Team Quiz, Aktivitas dan Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Universitas Sintang
Date Deposited: 21 Nov 2023 09:41
Last Modified: 21 Nov 2023 09:44
URI: http://repository.unka.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item