INSTITUTIONAL REPOSITORY

Penelusuran IR
Telusuri data di dalam IR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update IR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IR dalam seminggu terakhir.
FAQ
Lihat berbagai macam pertanyaan terkait IR yang sering diajukan kepada kami.
Traffic Pengunjung IR

Lihat traffic IR kami. Dari mana mereka datang, device apa yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses/cari, dll.

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH SINTANG PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2017/2018

DEDDY OKTAVIANTI, NIM: 110300002331 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH SINTANG PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi, Universitas Kapuas.

[img] Text
SKRIPSI DEDDY OKTAVIANTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Oktaviyanti. Deddy. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Sintang Pada Materi Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2017/2018. Pembimbing I: Nurhadiah, SP, M.Si, PembimbingII: Marzuki, S.Sos, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Sintang Pada Materi Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2017/2018. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Sintang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Sintang berjumlah 26 orang, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penulis melakukan pengambilan data sebelum dan sesudah proses pembelajaran menggunakan Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI). Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrument pengukuran adalah soal tes (pilihan ganda). Proses pembelajaran dari hasil pengambilan data dan pembahasan menyatakan bahwa hasil belajar siswa di kelas tersebut adalah baik. Hasil belajar siswa di kelas bervariasi dengan nilai tertinggi 85, dengan nilai terendahnya 35 dan nilai rata-rata kelas adalah 63 pada Pree Test, sedangkan pada Post test nilai tertinggi adalah 100, nilai terendah 60, dan nilai rata-rata kelas 75. Berdasarkan perhitungan yang diperoleh uji U Mann –Whitney dengan α = 0,05 diperoleh Zhitung > Ztabel yaitu 7,173 > 1,64, berarti Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian, Terdapat pengaruh yang signifikan diterapkannya Metode pembelajaran yang diterapkan terhadap Hasil Belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Additional Information: Nurhadiah, SP, M.Si, Pembimbing Pertama Marzuki, S.Sos, M.Pd, Pembimbing Kedua
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Universitas Sintang
Date Deposited: 30 Sep 2023 04:56
Last Modified: 21 Nov 2023 05:30
URI: http://repository.unka.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item