INSTITUTIONAL REPOSITORY

Penelusuran IR
Telusuri data di dalam IR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update IR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IR dalam seminggu terakhir.
FAQ
Lihat berbagai macam pertanyaan terkait IR yang sering diajukan kepada kami.
Traffic Pengunjung IR

Lihat traffic IR kami. Dari mana mereka datang, device apa yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses/cari, dll.

MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR LURAH KAPUAS KANAN HULU KABUPATEN SINTANG

FRISIA NATALIA NYALIN, NIM 180100672311 (2022) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR LURAH KAPUAS KANAN HULU KABUPATEN SINTANG. Skripsi, Universitas Kapuas.

[img] Text
SKRIPSI FRISIA NATALIA NYALIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nyalin, Frisia Natalia, 2022. Manajemen Pelayanan Publik di Kantor Lurah Kapuas Kanan Hulu Kabupaten Sintang. Skripsi Program Studi Administrasi Publik Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosia dan Ilmu Politik Universitas Kapuas Sintang. Kata kunci : Manajemen, Pelayanan, Publik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Pelayanan Publik di Kantor Lurah Kapuas Kanan Hulu Kabupaten Sintang. Dalam sebuah pemerintahan diperlukan Manajemen atau pengelola yang baik terutama dalam bentuk pelayanan publik. Hal ini dikarenakan semakin kompleks masyarakat, kebutuhan akan barang dan jasa publik semakin tidak terbatas. Sehingga diperlukan manajemen pelayanan publik sebagai bentuk evaluasi kualitas organisasi pelayanan baik pemerintah pusat maupun daerah. Manajemen pelayanan publik dibutuhkan dalam pelaksanaan pelayanan publik sebagai pemberian pelayanan prima kepada mesyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat, sehingga memenuhi asas pelayanan publik, yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipasi, memiliki kesamaan hak, serta kesimbangan hak dan kewajiban. Jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualintatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian terdiri dari Lurah Kapuas Kanan Hulu Kabupaten Sintang, Staf pelayanan di Kantor Lurah Kapuas Kanan Hulu Kabupaten Sintang, dan Masyarakat yang mendapat Pelayanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa standar pelayanan publik yang dilaksanakan di Kantor Lurah Kapuas Kanan Hulu Kabupaten Sintang sudah mengacu kepada standar pelayanan maupun prosedur yang sudah ditentukan. Oleh karenanya manajemen pelayanan dengan mengikuti prosedur pelayanan yang ada maka dapat memberikan layanan yang cepat dan tepat waktu, keramahan dalam melayani masyarakat. Sarana dan prasarana sudah cukup baik sehingga dapat dengan mudah bagi SDM dalam bekerja memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen pelayanan publik di kantor lurah Kapuas kanan hulu sudah cukup baik terlihat dengan mengacu dengan alur pelayanan yang digunakan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan kesimpulan diatas maka penulis menyarankan supaya tetap mempertahankan serta meningkatkan manajemen pelayanan publik yang ada pada kantor lurah Kapuas kanan hulu kabupaten sintang yang lebih efektif dan efisien, dengan tetap memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan tepat kepada masyarakat yang mebutuhkan pelayanan.

Item Type: Skripsi
Additional Information: Syekh Mochsin, S.Sos.M.Si selaku Pembimbing Pertama Drs. Gunawan, M.Si selaku Pembimbing Kedua
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan, Publik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Universitas Sintang
Date Deposited: 03 Oct 2023 05:45
Last Modified: 21 Nov 2023 05:10
URI: http://repository.unka.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item