HERAMARCHE, NIM. 180100671111 (2022) PELAYANAN PENERBITAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SATUAN ADMINISTRASI SATU ATAP SINTANG. Skripsi, Universitas Kapuas.
Text
SKRIPSI HERAA_999.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Heramarche, 2022. Pelayanan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor di kantor Satuan administrasi Satu atap sintang. Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universtias Kapuas Sintang Kata Kunci : Pelayanan, Administrasi, Proses Permasalahan yang di angkat di dalam penelitian ini adalah tentang Pelayanan Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNKB) di Kantor Satuan Administrasi Satu Atap (SAMSAT) Sintang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis, deskripsi dan menjelaskan secara mendalam berbagai aspek yang terkait dengan permasalahan dan upaya–upaya dalam Proses Pelayanan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNKB) di kantor Satuan administrasi Satu atap (SAMSAT) sintang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNKB) di Kantor Satuan administrasi Satu atap (SAMSAT) sintang masih mengacu pada peraturan di Kantor SAMST Sintang. Dan acuan tersebut masih belum memiliki standar dalam Pelayanan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNKB) di kantor Satuan administrasi Satu atap (samsat) sintang. Kesimpulannya bahwa Pelayanan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNKB) di kantor Satuan administrasi Satu atap (SAMSAT) sintang telah melakukan pelayanan secara maksimal sampai ke seluruh masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak kendaraan. Berbagai upaya yang dilakukan oleh para staf SAMSAT Sintang dalam melakukan proses pelayanan kepada masyarakat diantaranya dengan melakukan publikasi dan informasi kepada masyarakat ketika ada peraturan dan Undang-undang yang mengatur tentang masalah pembayaran kendaraan bermotor. Penulis juga menyarankan Pelayanan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNKB) di kantor Satuan administrasi Satu atap (SAMSAT) sintang sebaiknya selalu melakukan koordinasi antar semua elemen masyarakat yang ada di Desa pihak Kecamatan di Kecamatan Kabupaten terutama kabupaten Sintang, agar kedepan bisa menciptakan proses pelayanan yang memiliki singkronisasi baik dari lapisan masyarakat, aparatur Kepolisian maupun dari SAMSAT Sintang sendiri, supaya hasil proses pelayanan dilakukan dengan semua lapisan masyarakat. Disisi lain juga tangapan masyarakat dengan para unsur staf atau pegawai yang di kantor SAMSAT Sintang, dan Pihak Kepolisian yang menjalankan proses pelayanan tidaklah selalu negatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Additional Information: | Dr. Martinus Syamsudin, S.Sos.,M.Si Selaku pembimbing pertama Dr.Drs. Markkus.M.Si, selaku pembimbing kedua |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Administrasi, Proses |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Universitas Sintang |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 05:46 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 05:08 |
URI: | http://repository.unka.ac.id/id/eprint/76 |
Actions (login required)
View Item |