Mistur, mistur (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem reproduksi Manusia Di Sekolah Menengah Atas (SMA) N 1 Sokan Tahun Pelajaran 2019. Skripsi, Universitas Kapuas Sintang.
Text (mengetahui pengaruh metode pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negri 1 Sokan tahun pelajaran 2018/2019)
SKRIPSI - MISTUR- FKIP.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negri 1 Sokan tahun pelajaran 2018/2019. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan metode penelitan kuantitatif dan bentuk penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) N 1 Sokan. Sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas (SMA) N 1 Sokan. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 berjumlah 28 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPA 2 berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen, keseluruhannya ada 56 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penulis melakukan pengambilan data sebelum dan sesudah proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrument pengukuran adalah soal tes (pilihan ganda). Penerapan metode pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada materi sistem reproduksi manusia terlaksana dengan baik dan diamati melalui lembar observasi ditinjau dari guru dan lembar observasi ditinjau dari siswa. Hasil penelitian dikatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) pada materi sistem reproduksi manusia di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sokan tahun pelajaran 2018/2019, dimana Th (T-hitung) yaitu 5.51 lebih besar dari T Critical two-tail (t-tabel) yaitu 2.00. Adapun besar pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE), terhadap hasil belajar siswa dikategorikan besar, dengan nilai ES=1,10.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Nurhadiah, SP, M.Si, Pembimbing II: Marzuki, S.Sos.,M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE), Hasil Belajar dan Sistem Reproduksi Manusia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Universitas Sintang |
Date Deposited: | 16 Aug 2020 09:47 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 05:31 |
URI: | http://repository.unka.ac.id/id/eprint/2 |
Actions (login required)
View Item |