INSTITUTIONAL REPOSITORY

Penelusuran IR
Telusuri data di dalam IR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update IR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IR dalam seminggu terakhir.
FAQ
Lihat berbagai macam pertanyaan terkait IR yang sering diajukan kepada kami.
Traffic Pengunjung IR

Lihat traffic IR kami. Dari mana mereka datang, device apa yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses/cari, dll.

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Sintang Pada Materi Virus 2017/2018

Dominika, nika (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Sintang Pada Materi Virus 2017/2018. Skripsi, Universitas Kapuas Sintang.

[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI VIRUS DI KELAS X IPA SMA NEGERI 4 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018)
DOMINIKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang pada materi virus 2017/2018. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA Sekolah Menegah Atas Negeri 4 Sintang yang berjumlah 2 kelas dan sampelnya terdiri dari satu kelas yaitu kelas X IPA 2 yang diambil secara teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas X IPA 2. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP, instrumen pengukuran adalah soal tes (pilihan ganda) dan lembar observasi. Setelah dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share maka keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dikategorikan sangat baik (100%) sedangkan pengamatan terhadap aktivitas siswa yang ditinjau dari siswa dikategorikan sangat baik (100%). Dan hasil uji normalitas data menggunakan Chi kuadarat, pretest X2 hitung < X2 tabel yaitu 9,9 < 11,07 dan posttest X2 hitung < X2 tabel yaitu 4,91 < 11,07 maka data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menggunakan uji F, pretest F hitung < F tabel yaitu1,89 < 2,38, dan posttest F hitung < F tabel yaitu atau 1,8 < 2,38, maka data homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji T diketahui thitung > ttabel, yaitu 10,70 >1,691, maka terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa maka dilakukan uji effect size dan diperoleh hasil ES<0,8 yaitu 0,32 < 0,8 sehingga dikategorikan sedang.

Item Type: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, Aktivitas dan Hasil Belajar, Virus
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Universitas Sintang
Date Deposited: 18 Aug 2020 08:10
Last Modified: 21 Nov 2023 05:30
URI: http://repository.unka.ac.id/id/eprint/5

Actions (login required)

View Item View Item