INSTITUTIONAL REPOSITORY

Penelusuran IR
Telusuri data di dalam IR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update IR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IR dalam seminggu terakhir.
FAQ
Lihat berbagai macam pertanyaan terkait IR yang sering diajukan kepada kami.
Traffic Pengunjung IR

Lihat traffic IR kami. Dari mana mereka datang, device apa yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses/cari, dll.

STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA BARU PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM TEPIAN TADUH DI DESA PELIMPING KECAMATAN KELAM PERMAI KABUPATEN SINTANG

Yuliana, Fondasoya Lilistian and Hermansyah, Hermansyah and Jupri, Jupri (2022) STRATEGI MARKETING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA BARU PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM TEPIAN TADUH DI DESA PELIMPING KECAMATAN KELAM PERMAI KABUPATEN SINTANG. Laporan Penelitian, Univeristas Kapuas Sintang.

[img] Text
Penelitian Yuliana 1.pdf - Updated Version

Download (1MB)

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam ada untuk melayani anggota dan komunitasnya,bukan institusi kerjasama yang berorientasi pada profit. Koperasi Simpan Pinjam memanfaatkan seluruh akses untuk memberi pinjaman kepada para anggota,menabung dengan biaya rendah atau menikmati produk-produk dan layanan layanan baru lainnya.Pada usaha koperasi yang bergerak dibidang simpan pinjam, Marketing merupakan pendorong untuk meningkatkan penjualan produk sehingga tujuan koperasi untuk kesejahteraan masyarakat dapat tercapai Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 5(lima) orang yaitu Manajer Umum, Manajer Cabang Pelimping, Kabag. Keuangan dan sebanyak 2 orang anggota Koperasi Simpan Pinjam Tepian Taduh.Guna memperoleh data yang akurat dan berkualitas, maka menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan analisis Kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa produk yang ditawarkan kepada anggota terbagi menjadi 3 produk Simpanan,Pinjaman/Kredit anggota dan Perlindungan. Produk simpanan terdiri dari simpanan saham, simpanan deposito bulanan,dan Simpanan Anak,produk pinjaman,dan produk perlindungan pinjaman dan simpanan saham anggota.Penetapan harga yang dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Poljak (Pola Kebijakan) koperasi simpan pinjam Tepian Taduh terlihat dari persyaratan menjadi anggota dengan menyetor tunai paling kurang Rp. 210.000,-atauRp.160.000,-khusus untuk yang berusia 65 tahun keatas. Promosi yang dilakukan dengan cara membuat brosur produk baik simpanan, pinjaman dan perlindungan serta memberikan hadiah undian saham kepada anggota. Tempat/lokasi koperasi simpan pinjam Tepian Taduh sudah cukup strategis karena terletak di desa Pelimping yang terletak di tepi jalan raya Kelam- Puttusibau yang mana lokasi tersebut dekat dengan keramaian dan lokasi juga mudah di akses. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan strategi marketing dalam meningkatkan jumlah anggota baru pada Koperasi Simpan Pinjam Tepian Taduh melalui aspek produk(product),harga(price),Promosi(promotion) dan tempat(place). Saran agar tetap mempertahankan aspek yang sudah ada dan lebih meningkatkan kualitas produk,harga yang bersaing,promosi yang dilakukan agar tetap mempertahankan anggota yang telah ada dan menambah anggota baru guna meningkatkan nilai jual produk yang ada pada saat sekarang. KataKunci :Strategi,Marketing,Peningkatan,JumlahAnggota,Koperasi

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Florensius Tijan Tijan
Date Deposited: 29 Apr 2022 08:49
Last Modified: 29 Apr 2022 08:49
URI: http://repository.unka.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item View Item